Book, Love, Life and Friendship

Sabtu, 19 Maret 2016

Cerita di balik Blog Hiatus

Setiap hal pasti mengalami naik dan turun. Itu juga yang gue alami selama ngeBlog. Selain mood, kualitas dan kuantitas tulisan, ada aja hal lain tak terduga yang mungkin terjadi. Seperti itulah gue mengalami beberapa tahun belakangan ini akrab dengan blog. Dari hiatus karena satu dan banyak alasan hingga terpaksa berhenti karena masalah teknis.

Jungkir balik gue ngurusi blog. Sampai mewek juga pernah. Terpaksa pinjem laptop kanan kiri, karena laptop gue nggak bisa dipakai, juga pernah. Tapi semua itu ternyata membuat gue tetap bertahan ngeBlog hingga sekarang.

Kenapa? Kenapa gue ngeBlog? Karena gue suka. Kenapa jungkir balik itu nggak bikin gue berhenti? Karena ada alasan yang membuat gue bertahan. Karena gue punya alasan untuk tetap kembali lagi dan lagi. Alasan untuk terus menulis dan menulis lagi. Bukan, gue bukan pengarang buku yang bisa sekeren itu dan bisa menciptakan hal luar biasa. Gue hanya orang biasa yang terus menulis karena gue suka melakukan itu.

Dan karena ada teman-teman yang pernah datang, dan datang kembali serta tetap datang serta membaca tulisan gue. Di luar sana, masih banyak yang punya tulisan dan blog lebih keren dari gue, itu pasti. Tapi setiap saat mereka kembali, teman-teman itu, yang bahkan kebanyakan nggak pernah gue temui langsung, pada akhirnya gue kembali kan?

Hiatus kemarin ini salah satu yang benar-benar cukup berat buat gue. Bukan karena situasi diri gue yang memaksa untuk hiatus. Tapi karena masalah teknis tidak terduga yang terpaksa membuat blog sempat down beberapa lama. Untungnya, temen gue, sang teknisi, masih tetap telaten menangani semuanya. Dengan sabar, dia menghadapi komplen gue yang dudul ini. Mungkin gue nggak lihat langsung apa saja yang dilakukannya, bahkan hingga lewat tengah malam dan pagi-pagi berikutnya dilewatkannya tanpa terpejam. Tapi gue yakin benar, semua yang dilakukannya lebih dari keren buat gue.

Tapi yang gue suka, ternyata hiatus sementara kemarin itu, bisa jadi kesempatan buat gue merefleksikan lagi kenapa gue ngeBlog. Dan pada akhirnya gue kembali kan?

Dan sekarang, blog memang sudah kembali on. Tapi ternyata masalah belum selesai. Masih ada banyak hal yang harus diberesi lagi. Postingan gue yang didominasi gambar banyak yang hilang. Iya, banyak gambar yang tidak muncul di postingan. Bahkan beberapa postingan terakhir, tidak muncul sama sekali. Solusi? Tentu gue mencarinya bersama sang teknisi. Sayangnya sampai sekarang masih belum sepenuhnya beres. Duh ... ternyata memang masih banyakkkkk hal yang harus gue pelajari. Apalah gue ini.

Maaf deh, buat para pembaca, kalau tampilan blog dan sinopsis jadi kurang sedap dipandang. Karena banyaknya postingan yang error ini masih harus diperbaiki. Mau tidak mau, gue harus posting ulang gambar-gambar yang ada. Dan memasukkan ulang dalam postingan. Ratusan postingan ... duh

Teman ... gue nggak akan kuat kalau gue sendiri. Tapi kalian yang masih tetap mau berkunjung di blog remah ini, yang membuat gue punya alasan untuk menulis lagi, untuk posting ulang. Meski memang pasti butuh waktu yang nggak sebentar sampai semua bisa beres. Dan bahkan gue juga nggak sepenuhnya yakin, apakah gue sanggup untuk posting ulang semua gambar. Ratusan postingan dikali dengan @20 gambar tiap postingan. Semoga gue kuat, semoga gue bisa.

Rencana gue ke depan untuk blog ini? Hmmm ... jangan tanya deh ya. Gue Cuma ingin melakukan ini untuk beberapa tahun ke depan lagi. Entah apa. Entah apa yang akan ada di bertahun depan nanti. Gue Cuma berpikir kalau ngeBlog adalah investasi masa depan gue. Meski gue juga nggak tahu pasti, masa depan seperti apa itu. Tapi gue ‘yakin!’, bahwa dengan cara inilah gue ada. Dengan cara inilah gue eksis.

Ah maafkan kalau curhatan ini sama sekali nggak jelas dan nggak penting. Abaikan saja kalau kau enggan membacanya. Tapi terimakasih untuk apapun itu.

Blog gue yang lain, www.elangkelana.net

2 komentar:

  1. Semangaaat!

    Lagi mengumpulkan mood dan energi buat ngeblog lagi. Semoga bisa kembali aktif ngeblog juga. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo
      terimaksih sudah mampir
      duh, sya juga lagi krisis semangat ini
      semoga bisa saling menyemangati ya ^_^

      Hapus

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.