Book, Love, Life and Friendship

Rabu, 08 Februari 2017

No Idea?

Tadinya sih mau nulis tentang surat ‘cinta’ buat bu Guru. Tapi ide itu mendadak menguap terbang. Dan akhirnya, kembali lagi ke awal, no idea.

Pada saat tetiba nggak punya ide buat nulis, biasanya ngapain sih?

 
Paling enak kalau nulis itu, pas ada ide atau terus-terusan ada ide. Nah loh, jadi nggak khawatir kehabisan bahan tulisan. Masalahnya, situasi nggak selalu gitu. Yang namanya kehabisan ide, selalu ada aja masanya. Mana nggak bisa ditebak pula. Dan akhirnya ... ya mandeg deh.

Iya, kalau tetiba kehabisan ide tulisan, saya juga biasanya milih berhenti. Paling aman sih tidur. Ya, biarkan alam bawah sadar yang bicara, siapa tahu ide akan muncul dari mimpi. #tsaaaah ini maksa banget.

Ok, tapi yang kali ini serius. Ada beberapa hal yang biasanya saya lakukan saat kehabisan ide tulisan.

Nonton Film/drama


Nggak jarang saya dapat ide tulisan dari film. Entah dari karakternya, quote menarik dari film atau drama itu. bahkan dari ceritanya. Cuma masalahnya, kadang kalau udah kecantol ini, susah berhentinya. Bukannya Cuma mampir nyari ide, malah nonton sampai habis semuanya #ehe #janganDitiru

Baca Buku


Ini cara standar sih. Ide biasanya muncul karena bacaan. Nggak jarang ide tulisan saya, asalnya ya dari buku yang dibaca.

Dengerin Lagu dan Baca Lirik/translate-nya


Nah ini salah satu yang asyik. Selain musik lokal, musik luar juga enak buat didengerin loh. Dan nggak jarang, ide muncul dari sini. Biasanya sih kalau lagi ngeGalau, kekekeke. Saya suka nyari translate lirik buat lagu luar, setelah itu mix and match. Lagu sering-seringnya sih jadi sumber ide buat cerita fan-fiction ataupun flash-fiction.

Jalan-jalan


Siapa nggak suka jalan-jalan? Hmmm ... yang ini butuh modal nggak murah. Dan waktu yang nggak sebentar. Tapi, jadi pilihan yang paling asyik saat lagi suntuk. Selain nyari ide tulisan, bisa juga untuk charging semangat nulis lagi. Eits, biasanya asyik jalan-jalan, ide muncul dengan ‘gila’nya dan nggak terkendali. Jadi, kalau lagi jalan-jalan jangan lupa bawa blocknote kecil atau minimal ponsel yang ada fasilitas untuk membuat catatan. Ide mesti langsung dicatat (baca: diikat), takutnya keburu lupa, pergi dan ilang deh.

Nonton foto-foto lama


Urusan nostalgila emang bisa jadi salah satu sumber ide tulisan. Biasanya sih lagi ngeGalau (galau terus deh). Nah yang dirindukan dari foto lama biasanya adalah kenangan dan moment-nya, bukan orangnya.

Ngobrol atau chat sama temen


Ini boleh dilakukan, tapi harus terkendali ya. Jangan sampai kelamaan chating malah jadi lupa nulis. Biasanya sih temen punya cerita atau ide baru yang bisa dibagi. Nah tugas kamu adalah mengolah cerita itu jadi ide dan tulisan yang keren.

Buka ‘1000 Writing Idea’


Hahahaha ... curang? Biarin deh. Jadi, beberapa waktu yang lalu nemu file pdf yang isisnya semacam pelatihan nulis di blog. Dan di sini ternyata juga ada 1000 ide tulisan blog. Banyak kan? Jadi bisa dipilih lah, ide mana aja yang mau dieksekusi jadi tulisan.

Berselancar dan main med-sos


Ini bermanfaat sekaligus beresiko. Kalau nggak bisa mengendalikan diri, bisa jadi keasyikan jalan-jalan dan main media sosial dan malah lupa niat awal yang mau nyari ide tulisan. Hahahaha ... jadi, kalau mau pilih cara ini, harus hati-hati ya.

Berburu list Writing Challange


Nah ini nih! Yang keren juga. Males nyari yang ribet? Masukin aja kata writing challange di mesin pencari gambar. Bakalan keluar list writing challange yang siap dieksekusi. Kalau mau, bisa sih ikutan acara ini. Konsisten nulis dengan ide yang sudah ditentukan. Tapi, kalau males ikutan lengkap, ya ambil beberapa ide yang ‘klik’ di kepala aja.



Hmmm ... baru 8 cara mengatasi ‘no idea’ ya? Sebenarnya masih banyak. Tapi berhubung saya juga lagi ‘no idea’, jadi sampai segini dulu ya. Lain kali disambung deh. See U ^_^


0 komentar:

Posting Komentar

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.