Book, Love, Life and Friendship

Jumat, 02 Juni 2017

Tips Tetap Segar di Bulan Ramadhan

Nggak terasa ya, bulan Ramadhan untuk datang juga. Menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban setiap muslim. Jadi, jangan heran kalau akan banyak hal yang juga berubah di waktu ini. Dari jam kerja, kegiatan bahkan aktivitas sehari-hari yang nggak se-enerjik biasanya. Nggak jarang juga, banyak wanita yang merasa nggak segar di bulan Ramadhan dengan alasan menjalankan puasa. Ehm, apa benar gitu ya? Tapi, bisa dong kalau tetap segar di bulan Ramadhan meski lagi puasa? Bisa banget. Gimana caranya? Yuk cek tips berikut.

Penuhi kebutuhan air bagi tubuh

Tubuh selalu membutuhkan air yang cukup untuk beraktivitas secara normal, karena memang sebagian besar komponen tubuh manusia adalah air. Nah, di bulan Ramadhan seperti ini, kebutuhan air tubuh tetap harus tercukupi lho, meski puasa. Gimana caranya?

Umumnya, tubuh membutuhkan air sebanyak 1,5 liter dalam sehari atau sekitar 8 gelas air. memang sih, kebutuhan air tubuh tidak hanya dipenuhi dari air minum saja, tetapi juga dari beragam sumber lain. Nah, di waktu puasa, pemenuhan kebutuhan air dapat tetap dilakukan lho. Gini caranya. Buka puasa dengan kurma atau makanan manis, jangan lupa minum segelas air. Setelah itu, sholat Maghrib dulu. Setelah shalat, sebelum makan makanan berat, minum lagi segelas air. Habis makan, minum segelas lagi. Setelah itu shalat tarawih deh. Pulang tarawih satu gelas air lagi. Dan sebagai penutup, satu gelas lagi sebelum tidur. Udah lima gelas kan? Nah, sekarang tinggal sahurnya. Bangun tidur untuk sahur, usahakan minum satu gelas air. Setelah itu ditinggal aktivitas, misalnya menyiapkan menu sahur. Nanti, sebelum makan minum satu gelas lagi. Dan sebagai penutup, sebelum imsyak, satu gelas lagi. Udah dihitung? Total delapan gelas air. Kebutuhan ini syudah cukup untuk sehari lho.

Makan-makanan yang sehat dengan porsi cukup

Nih, tips puasa lainnya yang juga wajib dijalankan. Pilih makan-makanan yang sehat. Emang sih, puasa itu bikin laper mata, nggak Cuma laper perut aja. Biasanya ada banyak menu yang diinginkan, tapi akhirnya nggak dimakan juga karena sudah kenyang. Jadi, daripada mubazir, mending pilih menu makanan sehat. Cukupkan sayur-sayuran dan buah, jangan lupa makanan dengan kandungan protein dan lemak yang cukup. Takaran karbohidrat juga nggak perlu berlebih lah. Hindari makanan bersantan atau pedas di waktu sahur atau berbuka, karena perut baru saja kosong. Dan, makanan manis di awal berbuka puasa itu wajib, tapi nggak berlebih juga ya. Karena bisa meningkatkan resiko diabetes. Rasul aja memberikan contoh satu atau dua biji kurma aja tuh. Jadi, bedakan ya dengan es buah segelas besar yang biasa tersedia.

Olahraga dan aktivitas lainnya

Puasa bukan berarti nggak ada aktivitas ataupun olahraga ya. Aktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau mengurus rumah tetap harus dilakukan seperti biasa. Karena kalau Cuma males-malesan di rumah, justru jadi lemes dan capek sendiri. Dan lagi bakalan bikin puasa makin terasa lama.

Untuk olahraga, bisa dilakukan di waktu yang tepat. Misalnya sore hari menjelang waktu berbuka. Jadi, keadaan tubuh yang kekurangan cairan akibat berolahraga nggak butuh jeda terlalu lama untuk dipenuhi. Dan lagi, sebaiknya pilih jenis olahraga yang ringat aja sih. Misal jalan santai atau lari santai keliling komplek. Atau bersepeda juga bisa. Olahraga sambil menunggu waktu berbuka.

Jaga kebersihan tubuh

Ini juga nggak kalah penting nih, jaga kebersihan tubuh. Untuk tambil segar di bulan Ramadhan, tidak hanya dari dalam saja. Karena kebersihan tubuh juga jadi hal utama untuk diperhatikan.

Menjaga kebersihan tubuh dilakukan seperti hari-hari biasa. Tidak ada yang dilewatkan atau dilebihkan. Jangan mentang-mentang biar badan tetap segar dan nggak haus, terus jadi mandi lima kali sehari, ini juga nggak baik.

Nah, demikian tadi beberapa tips untuk tetap tampil segar di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat ya. Sampai jumpa di tips lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.