Book, Love, Life and Friendship

Rabu, 23 Agustus 2017

Duhai, hati. Bisakah kita berdamai saja?

Masih saja ada sesak bergumul di dada, entah kenapa. Bahkan meski telah ribuan senja terlewati setelahnya, tapi masih saja.

Kisah ini tak pernah diawali. Jadi, jelas tidak pernah ada akhirnya. Tapi tetap saja, masih saja hati sulit menerima. Bukan karena kehilangan rasa syukur. Hanya ... ah, bagaimana mengatakannya? Hati manusia selemah-lemahnya hati. Masih saja menolak untuk beranjak. Dan tetap memilih berhenti, melihat ke belakang lagi dan semakin enggan.

 
Tidak ada yang bisa dilakukan, jelas. Hanya terlantun doa, pelan dalam diam. Hanya terkenang kebersamaan yang bahkan tak pantas disebut kebersamaan. Hanya menitip rindu pada angin malam yang terbang entah kemana. Masih dengan udara yang sama, kita bernapas. Masih dipijak bumi yang sama kita terpisah. Tapi tidak ada lagi ‘masih’ dalam kisah ini sekarang. Tidak ada lagi kita, untuk kamu dan aku.

Berapa banyak malam pun, tak akan pernah sanggup untuk menghentikan semua ini. Sebesar apapun selimut gelap yang menggantung, masih belum cukup menghalangi tiap celah kenangan yang dengan mudah dipanggil lagi. Lembaran yang jadi kisah ini tak terhitung lagi banyaknya. Dan berderet file yang menyimpan semuanya dalam kode-kode tak bernama, tetap saja membuat semuanya terasa dekat sekaligus jauh dan tak terjangkau lagi. Seperti itu, lagi dan lagi. Tetap saja sulit dimengerti pun diterima dengan lapang hati.

Duhai, hati. Bisakah kita berdamai saja? Tak perlu melupakan kisah itu. Pun semua kenangan ataupun aktor yang pernah ada di dalamnya. Tapi, mulailah untuk menyimpannya dalam deretan file yang rapi di dasar hati. Biasakan untuk merasakan perih hingga perih itu jadi kawan sehari-hari dan hilang rasanya. Dan kali ini, sepakat dengan status salah seorang penulis. Menjadi dingin dan keras pada diri sendiri itu ... kadang memang perlu.

(btw, ini gue nge-screencapt status orang di twitter nggak salah kan ya? Sumbernya masih jelas tercantum kok)

2 komentar:

  1. Nggak salah kok screen capture status orang, yang salah tu belum move on juga sampai sekarang #eh #ketulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini nih, punya kawan penulis
      sllu ada aja bahan ejekan
      hmmmmm kkkkkkkk

      Hapus

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.