Book, Love, Life and Friendship

Sabtu, 20 Januari 2018

Jangan Meludah di Sumur tempat kamu Mengambil Air

Ini postingan kedua di 2018.

Seseorang pernah mengatakan itu pada suatu waktu. Jangan meludah di sumur tempat kamu mengambil air. Jangan menjelek-jelekan tempat kamu mencari rezeki. Prinsip itu yang semula begitu sulit untuk dipahami.

Situasi yang jauh berbeda tetapi mirip, rupanya terjadi lagi. Sebuah rasa tidak puas membuat banyak hal terasa aneh dan tidak nyaman. Nyatanya, tidak banyak yang bisa dilakukan.
Memang tidak pantas, meludah tapi ternyata airnya tetap diambil. Memang tidak pantas menjelek-jelekkan tempat mencari rezeki. Tapi, ada kalanya rasa tidak puas jauh lebih menguasai. Semakin tahu bobroknya, rasanya semakin sakit dan nyesek. Hingga saking malunya, tidak berani untuk ‘membanggakan diri’ dalam rangka promosi dan semacamnya.

Sayangnya ketidakpuasan itu hanya akan tetap dalam tempurung kepala. Sayangnya, rasa tidak puas itu hanya terucap di mulut yang wajahnya menghadap cermin, hingga mengalir air mata. Sayangnya, semua rasa tidak puas itu, tidak pernah terungkapkan dengan gamblang dan jelas. Sayangnya, tidak ada keberanian untuk mengungkapkannya. Adakah waktu dan kesempatan yang tepat dan lapang untuk mengungkapkan semuanya? Semoga bisa. Bukan untuk mengubah semuanya, itu butuh proses. Hanya paling tidak ... mengurangi rasa sesak di dada, itu saja.

Seperti bom waktu, yang bisa meledak kapan saja. Perumpamaan itu sepertinya cocok. Jika menarik nafas panjang dan mengembuskannya tidak lagi bisa untuk membuat semuanya lega. Maka sumbu bom itu pun akan semakin pendek dan siap meledak kapan saja. Haruskah semakin tebal memakai topeng atau bahkan memasang tameng ‘tidak peduli’ di wajah? Kalau perlu, lakukan.

Semoga ada cara untuk bisa membuat semua lebih baik. Ya, kalaupun tidak bisa mengubahnya menjadi lebih baik, paling tidak, bisa memaksa hati, bisa mengubah hati untuk lebih lapang dan sabar menerimanya.


0 komentar:

Posting Komentar

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.