Book, Love, Life and Friendship

Sabtu, 05 Mei 2018

Non Fiksi dan Fiksi

Waktu ada yang bahas soal novel non fiksi, sebenarnya gue pengen ketawa sih. Dan ternyata, ketika googling, kok ya ada artikel yang bahas itu. Entah ilmu gue yang belum setara dengan mereka, entah memang gue yang ketinggalan informasi baru. Karena setahu gue, novel itu masuk kategori fiksi. Mau sedetail apapun isinya, senyata apapun isinya, yang namanya novel ya tetap fiksi. Kalaupun di novel itu disajikan hal-hal yang aktual, nyata dan benar-benar ada serta terjadi, maka novel itu masuk kategori novel ilmiah, artinya cerita fiksi yang didasarkan pada data atau fakta ilmiah.

 
Ah sudahlah, obrolan seperti ini nggak akan selesai. Kalau menurut ilmu gue yang masih cetek ini, ya pemahaman gue segitu aja. Mungkin gue emang perlu baca lagi, hehehe. Tapi kali ini gue nggak akan bahas soal ‘novel non fiksi’ kok. Gue Cuma mau bahas soal fiksi dan non fiksi.

Setelah dua naskah non fiksi di tahun 2018 ini (dan beberapa naskah non fiksi lainnya di tahun-tahun sebelumnya), gue jadi kepikiran untuk membuat naskah fiksi. Iya, nulis fiksi. Karena memang sebenarnya, dari awal, pasion gue ya di fiksi. Tapi tuntutan ekonomi dan kesempaan (tsaaaah) yang membuat gue akhirnya justru lebih dulu menyelesiakan naskah non fiksi dibanding naskah fiksi.

Jadi nih, resolusi gue di tahun mendatang adalah menyelesaikan naskah fiksi yang sudah lumutan dari folder lama.

Sebenarnya, gue punya beberapa proyek naskah fiksi. Cuma banyakan nggak selesainya alias mentok di tengah jalan. Ada beberapa yang sudah sampai bab 7, eh berhenti. Padahal rencana gue 20 bab. Nggak jarang juga, draft sudah selesai hingga cerita finish, eh tapi ternyata mentok juga ketika gue berusaha mengembangkannya dalam versi lengkap tiap bab.

Oh ya, salah seorang kawan blogger gue juga belum lama ini menerbitkan novelnya. Selama ini tulisan itu jadi serial di wattpad. Dan setelah selesai, akhirnya terbit juga. Nah, gue kan kepikiran gitu ya. Sebenarnya sih punya akun wattpad dan storial. Tapi, dasar gue. Cuma punya akun aja, tapi nggak diurus.

Well ... rencana gue terdekat sih, pengen bisa nulis sinopsis lagi di blog satu lagi. Dan menyelesaikan naskah fiksi. Kalau tahun-tahun lalu punya resolusi ingin punya naskah solo, insyaAllah, itu akan segera terwujud. Maka resolusi dan harapan gue pun bertambah dong. Saatnya berharap bisa punya naskah fiksi, hehe.

Aminkan dong.

Nggak akan gue suruh retwet kok dan nggak akan gue ancam kok.


0 komentar:

Posting Komentar

my book

my book

Blogger FLP

Blogger FLP

Kampus Fiksi 13

Kampus Fiksi 13

Goodreads Challange

2018 Reading Challenge

2018 Reading Challenge
Bening has read 0 books toward her goal of 15 books.
hide

Followers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.